Kamis, 13 Februari 2014

Peringatan Harlah NU Jombang Tegaskan Kesetiaan terhadap Tradisi dan NKRI

Di Jombang Jawa Timur,  sejumlah kegiatan akan diselenggarakan untuk memperingati kepada hari lahir (Harlah) NU ke-88 tahun. Di antara kegiatan tersebut adalah apel kesetiaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pentas seni hadrah serta bakti sosial.

Ketua panitia Harlah PCNU Jombang H M Fadlulloh Malik menyampaikan hal itu kepada NU Online, Rabu (12/2). Pria yang akrab disapa Gus Fadlulloh ini mengatakan, harlah NU yang akan diperingati di Jombang kemungkinan hampir sama dengan di tempat lain.

"Yang lebih ditekankah adalah komitmen menjaga tradisi dan khidmat kepada masyarakat serta kebulatan tekad untuk menjaga keutuhan negeri," ungkapnya.

Komitmen terhadap tradisi antara lain diwujudkan dengan pementasan kesenian Ishari atau Ikatan Seni Hadrah Republik Indonesia yang berbaur dengan hadrah dan shalawat al-Banjari.

"Sedangkan komitmen kepada NKRI diwujudkan dengan apel kesetiaan di Alun-alun Jombang yang dihadiri para aktivis lembaga, badan otonom serta lajnah di kepengurusan NU," ungkap salah seorang pengasuh di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas ini.

Kegiatan kemasyarakatan juga menjadi rangkaian harlah. "Pelaksanaannya di Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Jombang," katanya.

Ribuan santunan untuk anak yatim dan piatu serta pengobatan gratis kepada masyarakat sekitar direncanakan menjadi bagian dari rangkaian kegiatan ini.

Puncak kegiatan akan ditutup dengan pengajian umum di masjid kebanggaan kota santri di barat Alun-alun. Gus Fadlulloh atas nama panitia sangat berharap kegiatan yang akan dilangsungkan antara tanggal 15 hingga 16 Maret mendatang mampu berjalan suskses.

"Kegiatan diharapkan juga sebagai media konsolidasi simpul NU di berbagai kekuatan," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar