Jumat, 01 November 2013

Istighotsah, Sarana Serap Aspirasi dan Pererat Silaturahmi

Dalam rangka untuk mempererat ikatan silaturahim diantara pengurus dan Nahdliyin, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur secara istiqomah menggelar istighotsah. Tidak hanya di kantor NU, istighotsah ini juga dilakukan di rumah tokoh masyarakat di masing-masing ranting.

Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan Lumbang Suparman kepada NU Online, Jumat (1/11) mengungkapkan bahwa saat ini sudah banyak paham-paham baru di luar NU dan bertentangan dengan akidah Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja). Hal ini tentunya menjadi sebuah ancaman besar bagi kebersamaan warga NU.

”Menyikapi hal itu, maka MWCNU Kecamatan Lumbang semakin mendekatkan diri kepada masyarakat melalui kegiatan istighotsah. Melalui istighotsah ini, maka diharapkan akan semakin mempererat dan memperkokoh jalinan ikatan silaturahim di antara sesama pengurus NU dan warga Nahdliyin. Sehingga nantinya akan menumbuhkan rasa kebersamaan untuk bersama-sama membesarkan NU,” ungkapnuya.

Tidak hanya itu menurut Suparman, istighotsah juga dapat menjadi sebuah media untuk menyerap aspirasi Nahdliyin. “Dengan demikian NU tahu apa yang diharapkan oleh warganya. Sehingga nanti dapat dimasukkan sebagai program prioritas MWCNU Kecamatan Lumbang,” jelasnya.

Suparman menegaskan istighosah ini merupakan salah satu tradisi ulama NU yang harus terus dilestarikan. ”Jangan pernah meninggalkan tradisi-tradisi yang ada dan tetap berpedoman pada hal-hal yang telah dirumuskan oleh ulama NU. Sebab tradisi-tradisi ini merupakan simbol dan kekuatan untuk membesarkan NU di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut Suparman menjelaskan istighotsah bertujuan untuk mengamalkan ajaran tradisi ulama NU Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) dan mendoakan masyarakat. “Istighotsah ini merupakan salah satu upaya yang kami lakukan untuk selalu melestarikan tradisi-tradisi yang dilakukan oleh ulama NU,” pungkasnya. (Syamsul Akbar/Mahbib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar