Selasa, 19 November 2013

LDNU: Dakwah Berakhlak, Tak Menghujat Orang Lain

Hal paling pokok bagi Nahdlatul Ulama dalam berdakwah adalah akhlakuqul karimah. Selain diyakini sebagai kunci keberhasilan, akhlak tak menyudutkan orang atau kelompok lain sehingga memicu permusuhan.
“Bukan modelnya NU menghujat orang lain. Bukan modelnya NU membid’ah-bid’ahkan orang lain. Bukan modelnya NU mengkafir-kafirkan orang lain. Memangnya kita Tuhan? Kok bisa mengkafirkan orang lain,” tutur Sekretaris Pengurus Pusat Lembaga Dakwah NU (LDNU) H Nurul Yakin Ishaq di Jakarta, Selasa (4/6).
Yakin memberi sambutan kepada 201 Nahdliyin ranting Slarang Lor, Dukuhwaru, Tegal, Jawa Tengah, yang bersilaturahim ke kantor PBNU. Dalam kesempatan itu, dia mengimbau warga NU untuk tidak mudah mengeluarkan vonis sesat kepada siapapun. Ajakan tersebut mengacu pada teladan para wali dan ulama NU di masa lalu.
Menurut Yakin, NU memiliki garis silsilah keilmuan yang jelas, baik di bidang akidah, fiqih, maupun tasawuf. Dalam khazanah ajaran Ahlussunah wal Jamaah, umat ditekankan menganut prinsip moderat dan toleran.
Ditambahkan, NU tak hanya menghormati semua orang, bahkan yang sudah mati sekalipun. “Jangankan masih hidup, yang sudah mati saja kita hormati. Makanya ada Yasinan, tahlil, doa bersama,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar