Jumat, 13 Desember 2013

Film Tokoh Lesbumi NU Hasil Restorasi Diluncurkan Hari Ini

Film Darah dan Do’a karya Ketua Umum Pengurus Pusat Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia Lesbumi NU pertama, almarhum H Usmar Ismail, hari ini Kamis (12/12) akan diluncurkan. Peluncuran dan kemudian pemutaran di kine forum Open Air Cinema (Misbar), Lapangan Futsal, Pintu Timur Laut, Seberang Gedung Pertamina, Monas, Jakarta Pusat mulai pukul 17.00 sampai dengan 22.00 WIB.

Peluncuran dan pemutaran film tersebut digelar Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kegiatan tersebut terangkai dalam kegiatan kineforum Dewan Kesenian Jakarta bekerjasama dengan Jakarta Biennale 2013 yang menyelenggarakan kineforum MISBAR.

Menurut rilis yang dikirim Dewan Kesenian Jakarta, Darah dan Do’a adalah film diproduksi dan disutradarai oleh orang Indonesia, serta lokasi pengambilan gambar yang sepenuhnya dilakukan di Indonesia.

Oleh karenanya hari pertama pengambilan gambar film ini, tanggal 30 Maret 1950, dirayakan sebagai Hari Film Nasional Indonesia. Hal itu diperkuat dengan Surat Keputusan Presiden BJ Habibie No. 25/1999, tentang Hari Film Nasional.

Proses restorasi (pengembalian atau pemulihan ke bentuk semula karena film tersebut sudah rusak) film ini pun sepenuhnya dilakukan di Indonesia, oleh bangsa Indonesia, dan merupakan film  pertama yang secara resmi direstorasi dengan fasilitasi oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Abdullah Alawi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar