Minggu, 09 Juni 2013

Masjid Baitur Rohim Jawara Lomba Masjid NU

Masjid Baitur Rohim yang berada di Desa Bago Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo menjadi jawara umum dalam lomba masjid NU bidang idaroh (administrasi),imaroh (kemakmuran) dan ri’ayah(perawatan). 

Lomba masjid NU yang digagas oleh Pengurus Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kota Kraksaan ini digelar dalam rangka untuk memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-90 NU.

Hadiah untuk juara umum lomba masjid NU ini diserahkan langsung oleh Mustasyar PCNU Kota Kraksaan H. Hasan Aminuddin didampingi Rais Syuriyah PCNU Kota Kraksaan KH Munir Kholili dalam kegiatan Harlah ke-90 NU yang digelar Sabtu (8/6).

Ketua PC LTMNU Kraksaan H Didik Abd. Rohim kepada NU Online menjelaskan lomba masjid NU ini bertujuan untuk memotivasi tentang keberadaan masjid dan takmirnya. Disamping sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan sarana interaksi sosial yang signifikan dengan era perkembangan zaman saat ini.

“Dasar pelaksanaan lomba ini berpedoman pada hadits Rasulullah SAW yang artinya orang yang selalu menggantungkan hatinya di masjid akan diberi pengayoman pada hari kiamat. Intinya kami ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama memakmurkan masjid yang ada di desa,” ujarnya.

Menurut Didik, lomba masjid NU ini diikuti oleh 13 MWC NU se Cabang Kraksaan. Tiap-tiap MWC NU mengirimkan satu masjid jami’ desa yang dinilai terbaik di tingkat MWC NU. “Peserta lomba ini diikuti oleh seluruh MWC NU se Cabang Kraksaan dan diambilkan masjid jami’ desa terbaik yang bukan masjid pesantren atau masjid kecamatan,” jelasnya.

Melalui lomba ini Didik berharap supaya keberadaan masjid itu ada mulai dari kegiatan, manajemen dan mengoptimalkan kegiatan takmir secara profesional dan porposional. Selain itu bisa mempertahankan akidah Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja). “NU bukan sekedar harapan, tetapi sebuah kenyataan,” tegasnya.

Selain Masjid Baitur Rohim yang sukses menjadi jawara untuk semua bidang, masih ada beberapa masjid NU lain yang menjadi jawara untuk masing-masing bidang. Untuk bidang imaroh, juara pertama diraih Masjid Nurul Jannah Desa Curah Sawo Kecamatan Gending, juara kedua diraih Masjid Sabilut Muttaqin Desa Maron Kecamatan Maron dan juara ketiga diraih Masjid Al-Munawwaroh Desa Talkandang Kecamatan Kotaanyar.

Untuk bidang imaroh, juara pertama diraih olehMasjid Al-Barokah Desa Bermi Kecamatan Krucil, juara kedua diraih Masjid Raudlatul Hasaniah Desa Tiris Kecamatan Tiris dan juara ketiga diraih Masjid Ar-Rahman Desa Gunggungan Lor Kecamatan Pakuniran.

Sementara untuk bidang riayah, juara pertama diraih Masjid Raudlatut Thohirin Desa Sukodadi Kecamatan Paiton, juara kedua diraih Masjid Zainal Abidin Desa Pajarakan Kulon Kecamatan Pajarakan dan juara ketiga diraih Masjid Nurul Hasan Desa Nogosaren Kecamatan Gading.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar