Kamis, 01 Agustus 2013

Gerakkan NU dari Masjid-Musholla!

Upaya menggerakkan roda organisasi Nahdlatul Ulama (NU) untuk khidmat umat dilakukan dari struktur yang paling bawah, yaitu dari masjid atau musholla, yang menjadi Kelompok Anak Ranting (KAR).

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Safari Ramadhan PCNU Jombang, pada Rabu (31/07), yang dilakukan di Musholla al HIdayah. Sebuah musholla sederhana di tengah perkampungan di dusun Prayungan desa Kedungjati Kabuh Jombang. Lokasi yang berada di sekitar hutan jati dan perkebunan tembakau rakyat, dan sebagai salah satu wilayah miskin Jombang.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain A’wan Syuriyah PCNU, Drs H. Faruq Zawawi, MAg, Pengurus MWC Kabuh, Pengurus Ranting se-Kabuh dan masyarakat sekitar musholla. Tampak hadir juga Kapolsek Kabuh, yang malam itu bertindak sebagai imam sholat taraweh.

Faruq Zawawi mengatakan, “penting bagi kita warga Nahdliyin untuk selalu menghidupkan Nahdlatul Ulama dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggerakkan warga Nahdlatul Ulama untuk menghidupkan ekonomi warga secara bersama-sama”.

“Saat ini di tingkat PCNU, warga NU Jombang sudah memiliki Baitul Mal Wa Tamwil, yang bisa digunakan untuk menggerakkan Nahdlatul Ulama dari sisi ekonomi”, sambungnya.

“Sedangkan untuk warga NU yang ada di ranting-ranting, bisa mendirikan koperasi atau pra-koperasi. Kegiatan koperasi ini bisa dilakukan berbasis kelompok, yang berada di musholla atau masjid. Kita mulai dari yang kecil dan sukarela. Kalau yang secara sukarela hanya 5 atau 10 orang mau ikut, ya.. kita mulai dari 5 atau 10 orang tersebut,” tambahnya.

“Yang jelas dari PCNU akan siap memfasilitasi pengurus MWC untuk menggerakkan ranting-ranting dalam upaya menggerakkan organisasi Nahdlatul Ulama,” pungkasnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar