Kamis, 01 Agustus 2013

Lima Perilaku Jahiliyah Berkembang dan Meresahkan Masyarakat

Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Barat Prof. Dr. H. Asassriwarni, MH mengungkapkan lima perilaku jahiliyah yang saat ini berkembang dan meresah masyarakat. Perilaku tersebut saat ini disebut dengan jahiliyah modern.

Hal itu diungkapkan Assasriwarni di hadapan jamaah Masjid Raya Muhajirin Koto Buruak, Kecamatan Lubuk Alung, Padang pariaman, Rabu (31/7) malam dalam tim safari Ramadhan PWNU Sumbar. Hadir juga Wakil Ketua PWNU Dr. Ahmad Wira, Wakil Sekretaris Armaidi dan Bukhari, Ketua Masjid Raya Muhajirin Koto Buruak Afriendi, SHI, MH, dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Asassriwarni, perilaku tersebut pertama dulu ada minum tuak, sekarang marak pemakai narkoba. Narkoba ini sudah dikonsumsi dari anak-anak tingkat SD hingga perguruan tinggi, berbagai kalangan juga terlibat narkoba. Banyak generasi muda negeri ini dirusak oleh narkoba.

“Kedua, judi. Yang sekarang bernama togel. Ketiga, berkelahi bersama-sama yang sekarang dikenal dengan tawuran. Tawuran antar pelajar, antara kelompok masyarakat, maupun tawuran antar   kampung.  Keempat, zina yang sekarang keren dengan istilah perselingkuhan. Kelima, mencuri yang sekarang marak dengan istilah korupsi,” kata Asasriwarni yang juga Pembantu Rektor III IAIN Imam Bonjol Padang ini. 

Dikatakan, untuk mengubah bangsa ini kepada yang lebih baik haruslah dengan ilmu pengetahuan. Bahagia di dunia dan bahagia di akherat juga perlu ilmu. Sehingga hadis Nabi Muhammad Saw. menjelaskan bahwa tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina. Padahal waktu itu di Cina belum lah ada pemeluk beragama Islam. Alasannya sampai ke Cina adalah karena budaya Cina lebih dulu muncul dikenal orang lain. Sehingga  Nabi menyuruh umatnya agar mencari ilmu sampai ke negeri Cina. Ini menunjukkan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan oleh umat Islam.

Sebelumnya rombongan PWNU Sumbar menyerahkan sejumlah Al Qur’an dan bingkisan kepada Ketua Masjid Muhajirin Koto Buruak Afriendi, yang disaksikan oleh pengurus lainnya (ket: gambar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar