Minggu, 20 Oktober 2013

Agama Tak Sebatas Peribadatan

Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tegal, KH Chambali Utsman mengingatkan agar umat Islam tahu betul bahwa perjuangan terhadap agama tidak hanya persoalan peribadatan saja. Yang penting dari persoalan itu lebih banyak di antaranya adalah perjuangan sosial 

“Jadi jangan hanya persoalan peribadatan saja, sosial juga perlu untuk menata umat dan menata pembangunan, dan di sini perlu adanya keshalihan sosial. Ini juga bagian dari kehidupan seorang pemimpin yang membangun bangsa dan Negara,” tutur Kiai Chambali di hadapan para pengurus dan warga NU Kecamatan Dukuhwaru, Balapulang dan Margasari di gedung olahraga Banjaran, Sabtu (12/10) .

Kiai Chambali yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al-Abror Yamansari itu juga menjelaskan perjuangan agama tidak lepas dari seorang pemimpin sebagaimana Wali Songo dulu menjadikan Raden Fatah sebagai seorang pemimpin dan sarana bagi perjuangan agama. 

“Ini harus kita pahami, karena memilih pemimpin juga tidak gampang, butuh ikhtiar untuk mengusungnya. Untuk mempermudahkan ulama dalam mengemban tugas keagamaanya juga butuh umara yang bisa bekerjasama dengan ulama, tidak bisa satu pihak. “ jelasnya 

Dikatakannya, Islam akan besar juga dengan umatnya, karena umat yang menentukan baik atau buruknya suatu perkara, begitu juga organisasi akan besar atau tidak tergantung warganya. Cukup jelas perkaranya umatlah yang paling menentukan, tinggal warga atau umat itu yang dipimpinya oleh ulama mau atau tidak memenuhi fatwa itu. 

“Persolan ini juga yang dipikirkan jauh-jauh oleh NU. Jadi jika NU mendukung salah satu calon pemimpin baik tingkat nasional atau tingkat lokal itu semata-mata sebagai mata rantai ikhtiar untuk menapakkan lagi jalan khidmat organisasi,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar